SMA Negeri 15 Medan Juara Umum

Bersyukur kepada Allah SWT karena kebahagian siswa/i yang tergabung pada tim Olimpiade Sains SMA Negeri 15 Medan (OS 15) Bidang Geografi saat penerimaan hadiah Juara Umum pada kegiatan GEOSFAIR tingkat SMA/MA Sumatera Utara-Aceh. Pada kegiatan Geosfair diselenggarakan beberapa lomba yaitu olimpiade, fotografi, karya tulis (SMA/MA) dan maidarling untuk mahasiswa. Selain itu juga guru pembimbing mengikuti kegiatan Workshop yang diisi oleh Drs. Nahor Simanungkalit, M.Si membahas tentang Materi Olimpiade seperti Geologi dan Geomorfologi. Juga diselenggarakan olimpiade guru yang hadir pada saat itu.

Persiapan siswa beberapa minggu, membawa hasil yang menggembirakan dengan mengirimkan 35 siswa, 7 tim karya tulis dan 2 yang masuk final. Belajar dari pengalaman sekolah-sekolah yang selalu juara geografi seperti dari SMA Sutomo 1 Medan, SMA Chairul Tanjung Foundation (CTF) Deli Serdang, MAN Kisaran, SMA Cahaya dan lain-lain membuahkan hasil menggembirakan pada siswa/i SMA Negeri 15 Medan. Berlatih setiap hari dari pola-pola soal OSK, OSP, OSN, Geosac, Olgenas, termasuk dari beberapa buku terbitan ALC Bandung, LOPI Jakarta, SSC Intersolusi Yogyakarta, Pelatihan OSN Bogor dan lain-lain. Perjungan ini merupakan akumulasi bertahun-tahun dalam proses pembinaan olimpiade geografi dan juga kebumian. 

Prestasi Juara Umum di bidang Olimpide ini merupakan Prestasi Pertama di raih oleh SMA Negeri 15 Medan. Saat diumumkan menjadi juara umum, siswa-siswa bersorak dan sebagain menangis terharu karena raihan prestasi siswa dan seluruh tim maju kedepan di podium untuk menerima tropy bergilir ini. Penyerahan Tropy Bergilir oleh Drs. Ali Nurman, M.Si selaku Ketua Jurusan Pendidikan Geografi FIS Unimed. 

Setelah usai kegiatan, Rizki Prahmana yang saat ini duduk kelas XI IPS-1 dan sekaligus Ketua OSIS SMA Negeri 15 Medan, merasa syukur dan bahagia, karena mimpinya tercapai berkat Allah SWT, dukungan orangtua, guru pembimbing dan mentalnya bisa mengalahkan dirinya sendiri. Saat penyelenggaraan di OS 15 mendapatkan mendali dan kemudian pada kegiatan Olimpiade Sains yang diselenggarakan oleh Sahabat Beasiswa di USU pada 24 Januari 2016 tidak mendapatkan prestasi karena kalah dari satu sekolahnya dan pesaing selama ini di luar sekolah. Pada hari ini, kerja keras saat belajar dan latihan, bahkan saat persiapan lomba, sakit dialami sebelum kegiatan berlangsung. Motivasinya dan semangat yang tinggi untuk menyumbangkan prestasi bagi sekolah adalah wujud dari prestasi bersama. Berpresasi di luar sekolah merupakan bagian dari program kerja dan visi-misinya di OSIS yang dipimpinnya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI) Komisariat Unimed bekerjasama dengan HMJ Jurusan Pendidikan Geografi FIS Unimed, ALC Bandung (Penyusun Soal) dan Bimbingan Belajar Adzkia (Pemeriksa LJK). Penyelenggaraan dilangsungkan pada Sabtu, 5 Maret 2016 di Gedung FIS dan Aula VIP Serbaguna Unimed.
Juara-juara Geosfair Tahun 2016

The Best Ujian Teori: 
Faisal  Rais (SMAN 15 Medan)

The Best Multimedia:
Max (SMA Sutomo 1 Medan)

The Best Presentasi:
Tim Dini Anggreini Khairunnisa ( MAN 3 Medan )

Bidang Olimpiade
1. Rizky Prahmana (SMAN 15 Medan)
2. Raka Aditya (SMAN 15 Medan)
3. Faisal Rais (SMAN 15 Medan)
4. Popy Wahyuni Masriyanto (SMAN 15 Medan)
5. Janwandri Rizki Pratama Sembiring (SMAN 15 Medan)
6. Aldo (SMA CTF Deli Serdang)
7. Avinda Deviana (SMAN 15 Medan)
8. Cut Hilda Liza Rahma (SMA 15 Medan)
9. Andreas Hasiolan (SMAN 15 Medan)
10. Katerin (SMA Sutomo 1 Medan)


Bidang Fotografi SMA/MA
1. Jesselyn Sriwi ( SMAS W.R. Supratman 1 )
2. Benediktus Hasiholan Simarmata ( SMAN 2 Pangururan )
3. Tuty Alawiyah Pulungan ( MAN 2 Model Padangsidempuan)
4. Zakiyah Khoiriyah Siregar ( MAN 2 Model Padangsidempuan)
5. Masyitoh Putri Rangkuti ( MAN 2
Model Padangsidempuan)
6. Annisa Salsabila ( MAN 1 Tanjung Pura )

Bidang Karya Tulis:
1. Tim Dini Anggreini Khairunnisa ( MAN 3 Medan )
2. Tim Kristine Sihaloho ( SMAN 2 Pangururan ) 
3. Tim Aisyah Dewi Fortuna ( MAN 2 Model Padang Sidempuan)
4. Tim Faisal Rais ( SMAN 15 Medan )
5.
Tim Ahmad Hidayah Wahid Hasibuan ( MAN 2 Model Medan)
6. Tim Debby Nadillah Harahap ( MAS Proyek UNIVA Medan)
7. Tim Angelika Sara ( SMA Kalam Kudus Medan)
8.
Tim Meilani Claudia Pardede ( SMAS Cahaya Medan)
9.
Tim Cut Hilda Liza Rahma ( SMAN 15 Medan )
10.
Tim Alfonso Simanungkalit ( SMAS Methodits 7 Medan)


Olimpiade Guru:
1. Sofyanto (SMAN 15 Medan)
2. Ria (SMA St. Petrus Medan)
3. M. Fauzi Rahman (MAN Kisaran)